Libur Natal & Tahun Baru Siaga Satu Dari Para Pendatang

  • Whatsapp
Libur Natal & Tahun Baru Siaga Satu Dari Para Pendatang

Dinas Kesehatan Sumsel menyiagakan petugas spesial di beberapa gerbang keluar dan masuk (entry poin) di daerah Sumsel menjelang liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Ini diperuntukkan untuk proses filtrasi (screening) Covid-19 pada pendatang yang akan liburan atau keluar dari daerah Sumsel.

Bacaan Lainnya

0
Hingga saat ini, sudah 11116 Orang terpapar Virus SARS-CoV-2, Lindungi keluarga Anda, dengan Menjalankan Protokol Kesehatan secara disiplin

Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty Nuraini, menjelaskan proses screening akan dikerjakan di beberapa titik masuk keluar daerah Sumsel, seperti pada dermaga, terminal, stasiun, lapangan terbang, dan bermacam titik yang lain.

“Semua pendatang akan dilihat keadaan kesehatannya dimulai dari pengujian temperatur badan. Ini agar mereka yang lakukan perjalanan betul-betul pada keadaan sehat,” ucapnya Selasa (15/12/2020).

Nanti, petugas kesehatan itu akan berjaga di posko Operasi Lilin 2020 yang dibuat bersama instansi-instansi salah satunya kepolisian, Dinas Perhubungan dan yang lain.

“Berkenaan jumlah posko dan personil akan dipastikan lewat meeting pengaturan pemerintahan kabupaten/kota bersama Polres di tempat.

Sekarang ini baru banyak daerah yang telah mengadakan rakor. Untuk jumlah tentunya, kami masih menanti laporan dari kabupaten/kota,” terang Lesty.

Menurutnya, Unit Pekerjaan Pengatasan Covid-19 Sumsel akan diturunkan di beberapa posisi rekreasi.

Mereka akan mengawasi penerapan prosedur kesehatan Covid-19, baik oleh pengunjung atau pengurus tempat rekreasi.

“Ada polisi pariwisata yang diikutsertakan untuk lakukan pemantauan prokes di posisi rekreasi,” katanya.

Lesty menyarankan, warga yang akan lakukan perjalanan pada liburan tahun akhir untuk selalu jaga kesehatannya. Bila kurang sehat, warga dianjurkan untuk liburan ke luar kota.

“Masih di dalam rumah saja. Kalaulah pengin berekreasi, masih mengaplikasikan disiplin prosedur kesehatan,” ucapnya kembali.

Ia mengatakan, faksinya sudah memberikan instruksi sarana kesehatan di sejauh lajur mudik di Sumsel seperti puskesmas dan rumah sakit referensi untuk selalu bekerja sepanjang liburan akhir tahun.

Operasionalisasi bermacam sarana kesehatan itu ditujukan supaya warga tetap mendapatkan servis kesehatan ketika cuti bersama.

“Puskesmas dan rumah sakit di lajur yang dilintasi pengendara lintas wilayah kita meminta untuk selalu bekerja hingga service kesehatan masih maksimal,” tutur Lesty.

Pos terkait